Lomba Menulis Puisi Tema "Kesan Pertama" Bersama Penerbit Rumah Kita

 


Ketentuan Peserta

  1. Siapa pun boleh mengikuti lomba ini, kami tidak membatasi.
  2. Tidak dipungut biaya pendaftaran.
  3. Setiap peserta hanya boleh mengirim satu naskah puisi terbaik secara individu bukan duet/kolaborasi/tim.
  4. Setiap peserta wajib terhubung dengan akun media sosial Penerbit Rumah Kita untuk memudahkan memperoleh informasi seputar lomba. (1) follow Instagram @redaksi.rumahkita, (2) like Fanpage: Redaksi Rumah Kita, (3) add Line: @cuw5583u (pakai @). Boleh salah satu jenis media sosial saja, boleh juga ketiganya.
  5. Setiap peserta wajib membagikan poster atau info lomba ini lewat media sosial masing-masing (Instagram/Facebook/Line, boleh salah satu boleh juga ketiganya) lalu mengirim screenshot bukti bahwa peserta telah membagikan info lomba. Screenshot dikirim bersama dengan naskah, disisipkan di halaman akhir naskah, bukan dilampirkan secara terpisah. Bagi yang belum tahu bagaimana cara screenshot di HP dan laptop silakan mencari caranya di internet.

Ketentuan Naskah
  1. Berupa puisi dengan tema Kesan Pertama. Kesan Pertama atau First Impression, diartikan sebagai momen yang membekas di memori saat awal bertemu seseorang atau sesuatu hal. Peserta bebas mengembangkan tema tersebut menjadi karya puisi yang menarik.
  2. Orisinil dan tidak sedang diikutkan lomba serupa, serta belum pernah dipublikasikan di media mana pun. 
  3. Panjang naskah puisi 100-200 kata (hanya naskah puisi, tidak termasuk judul, nama penulis, dan biodata) dengan pengaturan sebagai berikut: kertas A4, font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1.5, margin normal.
  4. Sertakan titi mangsa dan biodata narasi di akhir naskah puisi. Syarat penulisan biodata narasi maksimal 50 kata, hanya teks narasi tidak perlu menyertakan foto penulis. Apabila penulis lupa menyertakan biodata narasi, nanti akan dihubungi redaksi seandainya lolos. Contoh titi mangsa dan biodata narasi dapat dilihat di internet.
  5. Cantumkan judul puisi dan nama penulis (boleh nama asli/pena) di atas naskah puisi. Jadi, urutan dalam file-nya adalah (1) judul puisi, (2) nama penulis, (3) naskah puisi, (4) titi mangsa, (5) biodata narasi penulis, (6) screenshoot bukti telah membagikan info lomba.
  6. Kirim naskah puisi dalam bentuk lampiran/attachment (format doc/docx bukan PDF) ke e-mail lombarumahkita@gmail.com dengan nama file dan subjek e-mail Nama Penulis - Judul Puisi. Contoh: Ajeng Rahayu - Bahasa Pelangi. Mohon diperhatikan ya, nama file naskah dan subjek e-mail harus sama. Mohon kirim satu kali saja dan tidak ada revisi.


Daftar Peserta
Nama dan judul naskah peserta akan dimuat di tautan: bit.ly/PesertaKesanPertama selambat-lambatnya 3 x 24 jam terhitung sejak peserta mengirim naskah, guna memberitahu peserta bahwa naskah sudah terdaftar dan siap diseleksi. Tidak ada konfirmasi e-mail dari redaksi setelah peserta mengirim naskah.


Timeline
  • Penerimaan naskah: 15 September - 5 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB 
  • Penjurian: 6 - 26 Oktober 2020 
  • Pengumuman: 27 Oktober 2020 pukul 20.00 WIB (akan tayang di tautan: bit.ly/PengumumanKesanPertama) 
  • Pembagian hadiah: Selambat-lambatnya satu bulan setelah pengumuman 
  • Jadwal terbit buku hasil lomba: 28 Oktober 2020


Hadiah
  • Juara 1: Plakat penghargaan, e-sertifikat juara, dan voucher penerbitan senilai Rp 400.000 
  • Juara 2: Plakat penghargaan, e-sertifikat juara, dan voucher penerbitan senilai Rp 300.000 
  • Juara 3: Plakat penghargaan, e-sertifikat juara, dan voucher penerbitan senilai Rp 200.000 
  • Kontributor/penulis terpilih: E-sertifikat penulis terpilih dan voucher penerbitan senilai Rp 50.000 (jumlah kontributor tergantung pada jumlah naskah yang layak lolos)
Peserta yang tidak lolos tidak mendapat e-sertifikat.


Catatan
  1. Setiap peserta yang sudah mengirim naskah sesuai dengan ketentuan, otomatis terdaftar sebagai peserta lomba, tidak ada ketentuan mengisi formulir pendaftaran, dsb.
  2. Naskah-naskah juara dan penulis terpilih akan diterbitkan menjadi buku antologi puisi oleh Penerbit Rumah Kita dengan hak cipta tetap di tangan penulis. Buku tidak terdistribusi di toko buku ya, hanya bisa dipesan melalui penerbit.
  3. Royalti/keuntungan penulis hanya bisa didapat melalui penjualan buku oleh penulis sendiri berdasarkan selisih antara harga umum dengan harga khusus penulis.
  4. Harga khusus penulis adalah harga umum dipotong 30%. Berlaku untuk seterusnya.
  5. Naskah peserta yang tidak lolos otomatis dikembalikan kepada penulis.
  6. Hadiah voucher penerbitan hanya bisa digunakan sebagai keringanan biaya penerbitan satu judul buku di penerbit Rumah Kita, berlaku sampai 31 Maret 2021. Untuk menggunakannya, penulis wajib membaca info di tautan: https://www.penerbitrumahkita.com/p/kirim-naskah.html. Voucher tidak bisa diakumulasikan, diganti uang tunai, atau untuk membeli buku terbit hasil lomba ini.
    Contoh ketentuan voucher: apabila Anda memiliki voucher penerbitan senilai Rp 50.000, maka Anda mendapat potongan harga sebesar Rp 50.000 untuk menerbitkan buku berlaku untuk semua paket penerbitan.
  7. Seluruh juara dan kontributor tidak wajib membeli buku terbit hasil lomba.  
  8. Seluruh peserta dianggap telah membaca info lomba ini, sehingga diharap memahami dan melakukan semua ketentuan.
  9. Keputusan redaksi/tim juri mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

Do’s and Don’ts
Do’s:
Membaca info lomba ini secara tuntas, mohon biasakan membaca info sebelum bertanya karena penulis yang baik pastilah pembaca yang baik pula.
Segera mencari ide terbaik.
Tulis naskah semenarik mungkin.

Don’t:
Sibuk menanyakan hal yang sudah tertera jelas pada info lomba ini.
Mengabaikan ketentuan lomba karena akan mengurangi penilaian sehingga peluang lolos sangat kecil.


Kami tunggu partisipasinya dan selamat menulis!


Salam Aksara,
Penerbit Rumah Kita

 


Copyright © 2019 Penerbit Rumah Kita